Buku Pedoman Intensive Care Unit (ICU)

Buku Contoh Pedoman ICU ( Intensive Care Unit ) dapat di download disini ! ataupun di halaman Download.

B A B  I

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG

Intensive Care Unit (ICU) adalah suatu bagian dari rumah sakit, dengan staf  khusus yang ditujukan untuk observasi, perawatan dan terapi pasien yang menderita penyakit, cedera atau penyulit – penyulit yang mengancam jiwa atau potensial mengancam jiwa. ICU menyediakan kemampuan, sarana dan prasarana serta peralatan khusus untuk menunjang fungsi – fungsi vital dengan menggunakan ketrampilan staf medis, perawat dan staf lain yang berpengalaman dalam pengelolaan keadaan – keadaan tersebut.

Keadaan yang sedemikian akan tercapai bila pelaksanaan keperawatan di ICU dilakukan dengan baik dan dilaksanakan oleh tenaga – tenaga ICU yang terampil dan profesional serta bermutu. Ruang lingkup pelayanan meliputi pemberian dukungan fungsi organ – organ vital seperti pernapasan, kardiosirkulasi, susunan syaraf pusat, renal dan lain-lainnya.

Mengingat diperlukannya tenaga – tanaga khusus dan terbatasnya sarana serta mahalnya peralatan, maka ruang ICU perlu dikonsentrasikan pada suatu lokasi di Rumah Sakit dengan Kamar Operasi, dan mempunyai akses yang mudah ke IGD, Laborat, dan Radiologi.

B. PENGERTIAN

Pelayanan Intensive Care adalah pelayanan rumah sakit yang diperuntukkan dan ditentukan oleh kebutuhan pasien yang sangat kritis. Tujuan dari pelayanan intensive care adalah memberikan pelayanan medik, tertitrasi dan berkelanjutan.

Pelayanan ICU harus dilakukan oleh intensivist yang terlatih secara formal dan mampu memberikan pelayanan yang optimal dan terbebas  dari tugas – tugas lain yang membebani seperti kamar operasi, praktek dan tugas – tugas kantor. Intensivist yang bekerja harus berpartisipasi dalam sistem yang menjamin kelangsungan pelayanan intensive care 24 jam.

Hubungan pelayanan ICU yang terorganisir dengan bagian – bagian pelayanan lain di Rumah Sakit harus ada dalam organisasi Rumah Sakit.