S2.P1. Laboratorium




MAU DOWNLOAD ARTIKEL ^

Std. 2.  ADMINISTRASI  DAN  PENGELOLAAN.

Pelayanan laboratorium harus mempunyai bagan organisasi dan tata kerja bagi semua klasifikasi tenaga pelaksana. Laporan yang lengkap serta pencatatan harus disimpan rapi.

S.2 P.1. Ada bagan organisasi dari unit/bagian/instalasi laboratorium yang dilengkapi dengan uraian tugas, fungsi, kewajiban, tanggung jawab, serta  hubungan antar unit dan diketahui oleh seluruh petugas.
Skor :
0 =    Tidak ada bagan organisasi dan uraian tugas.

1 =    Ada bagan organisasi, tidak ada uraian tugas.

2 =    Ada bagan organisasi, ada uraian tugas, tidak lengkap.

3 =    Ada bagan organisasi, ada uraian tugas lengkap, belum dimengerti oleh setiap petugas

4 =    Ada bagan organisasi, ada uraian tugas lengkap, sudah dimengerti oleh setiap petugas.

5 =    Ada bagan organisasi, ada uraian tugas lengkap, sudah dimengerti oleh setiap petugas, telah dievaluasi..

DO : a.        Bagan organisasi lengkap adalah bagan organisasi dari unit/bagian/ instalasi laboratorium yang dapat memperlihatkan alur komunikasi dan garis kewenangan dalam pelayanan laboratorium, di antara petugas administrasi, penanggung jawab medis serta kepala laboratorium dan dengan unit/bagian/instalasi lain khususnya unit/bagian/instalasi yang meminta pelayanan laboratorium serta telah dilengkapi dengan surat keputusan Direktur rumah sakit.

b.       Uraian tugas lengkap adalah uraian tugas yang tertulis untuk setiap jabatan yang ada pada laboratorium yang meliputi : kualifikasi yang dibutuhkan untuk setiap jabatan, garis kewenangan, fungsi dan tanggung jawab serta telah dilengkapi dengan surat keputusan Direktur rumah sakit.

c.        Yang dimaksud dengan bagan organisasi dan uraian tugas diketahui oleh setiap petugas adalah apabila setiap petugas mengerti bagan organisasi dan uraian tugasnya masing-masing.

d.       Yang dimaksud dengan dievaluasi adalah adanya penilaian  terhadap pelaksanaan tugas oleh atasan langsung masing-masing sesuai uraian tugas, sekurang-kurangnya setahun sekali dalam waktu 3 tahun terakhir..

CP : * D  :  bagan organisasi, uraian tugas, SK Direktur RS tentang penetapan bagan organisasi dan uraian tugas, dokumen evaluasi pelaksanaan tugas sesuai uraian tugas oleh atasan langsung masing-masing.

*  O  :  –

*  W :  Dengan    pimpinan    rumah   sakit,    pimpinan    laboratorium   dan

petugas  laboratorium.

Skor :
Keterangan / Catatan :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>