Contoh : FALSAFAH, VISI, MISI DAN TUJUAN PELAYANAN KEPERAWATAN

  1. Terselenggaranya asuhan keperawatan prima melalui proses keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien mencapai: 90 %.
     
  2. Tersusun dan tersosialisasinya Standar Asuhan Keperawatan di Unit Pelayanan Intensif.
     
  3. Terselenggaranya asuhan keperawatan sesuai Standar Asuhan Keperawatan.
     
  4. Tercapainya pemerataan cakupan peserta pelatihan minimal 20 jam dalam satu tahun untuk masing-masing perawat.
     
  5. Terpeliharanya fasilitas keperawatan di Instalasi Pelayanan Intensif.
     
  6. Tercapainya peningkatanan jenjang perawat lulusan DIII Keperawatan menjadi lulusan SI Keperawatan minimal 1 orang.
     
  7. Terselenggaranya pelatihan operasional alat khusus.

 

  1. Tercapainya jumlah perawat terlatih di Unit Pelayanan Intensif sebanyak 10 orang (80 %).

 

  1. Menurunnya angka kejadian infuse blong.
     
  2. Tercapainya kerjasama antar unit kerja di rumah sakit.
     
  3. Terciptanya iklim yang menunjang proses belajar mengajar dalam kegiatan pendidikan bagi pengembangan tenaga keperawatan.

 

DITETAPKAN    :    …………………………….

PADA TANGGAL    : ……………………………

RS …………………………….

 

 

…………………………….

Direktur

KEGIATAN

BIDANG KEPERAWATAN

 

Tujuan 1

 

  1. Angket kepuasan pasien.
  2. Peatihan pelayanan prima
  3. Revisi SAK
  4. Sosialisasi SAK
  5. Evaluasi Prosedur
  6. Revisi Prosedur
  7. Pengendalian Infeksi Rumah Sakit.
  8. Keselamatan PAsien
  9. Pembahasan Kasus.

 

 

Tujuan 2

 

  1. Pendidikan formal keperawatan
    1. Meningkatkan perawat lulusan DIII ke SI Keperawatan.
    2. Meningkatkan perawat lulusan SPK ke DIII Keperawatan
    3. Meningkatkan bidan lulusan P2B ke DIII Kebidanan.

Pendidikan non formal keperawatan

  1. Pelatihan hemodialisa
  2. Pelatihan ICU
  3. Pelatihan PPGD
  4. Pelatihan Kamar Operasi

Pelatihan untuk peningkatkan kemempuan perawat di unit perawatan umum:

  1. Pelatihan EKG
  2. Pelatihan Pembimbing klinik.

Pelatihan untuk persyararatan managerial suatu suatu jabatan:

  1. Pelatihan Managemen Kepala Bidang Keperawatan (review)
  2. Pelatihan Managemen Kepala Bangsal Keperawatan (review)

 

 

Tujuan 3

 

  1. Menyusun standar peralatan.
  2. Pelatihan kebutuhabn alat
  3. Kegiatan pemeliharaan dan kaliberasi alat.
  4. Pelatihan operasional alat khusus
  5. Inventarisasi fasilitas yang ada.

 

 

 

 

Tujuan 4

 

  1. Monitoring dan evaluasi penerapan SAK melalui instrument ABC (audit keperawatan).
  2. Pembahasan kasus
  3. Monitoring dan evaluasi masukan kotak saran dan angket kepuasan pasien.
  4. Monitoring dan evaluasi pelayanan
  5. Monitoring dan evaluasi medis
  6. Monitoring dan evaluasi keselamatan pasien

Page 3 of 3 | Previous page

2 comments on this post.
  1. rosmiati:

    Bagaimana dengan realisasi monitoring dan evaluasi di kalangan management keperawatan? setiap berapa lama ? terima kasih.

  2. admin:

    realisasi monitoring dan evaluasi ; tergantung dengan kebutuhan; siklus suatu kegiatan biasanya adalah ….. evaluasi (rapat) —> hasil evaluasi —> laporan ke direktur —> tindak lanjut direkut —> bila tindak lanjut diperlukan kegiataan baru/ulang —> rapat pembuatan proporsal / program —-> TOR = Term Of Referensi ( kegiatan ) —–> evaluasi termin kegiatan —-> diakhir evaluasi program —-> ….. dst . Tidak akan ada habisnya.
    Untuk jadwal biasa bulanan atau triwulan. di assesment biasaya menyebutkan triwulan.

    salam admin

Leave a comment