Contoh : FALSAFAH, VISI, MISI DAN TUJUAN PELAYANAN KEPERAWATAN

Lampiran Sk Direktur Nomor: …………………………………..

FALSAFAH, VISI, MISI DAN TUJUAN

PELAYANAN KEPERAWATAN

RUMAH SAKIT …………………………….

VISI PELAYANAN KEPERAWATAN

Pelayanan Keperawatan Prima Pilihan utama Masyarakat.

MISI PELAYANAN KEPERAWATAN

  1. Menyelenggarakan pelayanan keperawatan prima yang terjangkau seluruh lapisan masyarakat berdasarkan cinta kasih.
  2. Menyelenggarakan pelayanan keperawatan berdasarkan proses keperawatan untuk memenuhi kebutuhan bio, psiko, sosio, dan spiritual pasien.
  3. Melaksankan pengembangan SDM Keperawatan.
  4. Merencanakan dan menyediakan fasilitas keperawatan.
  5. Melaksanakan monitoring dan evaluasi pelayanan keperawatan.

FALSAFAH PELAYANAN KEPERAWATAN

 

Dalam memberikan pelayanan, perawat RS …………………………….berkeyakinan bahwa:

1.    Manusia adalah individu yang memiliki kebutuhan bio, psiko, sosio, spiritual yang unik. Kebutuhan ini harus selalu dipertimbangkan dalam setiap pemberian asuhan keperawatan.

2.    Keperawatan adalah bantuan bagi umat manusia yang bertujuan untuk meningkatkan derajad kesehatan secara optimal kepada semua yang membutuhkan dengan tidak membedakan bangsa, suku, agama, kepercayaan dan status di setiap tempat pelayanan kesehatan.

3.    Tujuan asuhan keperawatan adalah dapat dicapai melalui usaha bersama dari semua anggota tim kesehatan dan pasien/keluarga.

4.    Dalam memberikan asuhan keperawatan perawat menggunakan proses keperawatan dengan lima tahapan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan pasien/keluarga.

5.    Perawat bertanggung jawab dan bertanggung gugat, memiliki wewenang melakukan asuhan keperawatan secara utuh berdasarkan standar asuhan keperawatan.

6.    Pendidikan keperawatan berkelanjutan harus dilaksanakan secara terus menerus untuk pertumbuhan dan perkembangan staf dalam pelayanan keperawatan

 

 

MOTTO PELAYANAN KEPERAWATAN

 

Merawat Penuh Kasih Demi Kesembuhan

TUJUAN PELAYANAN KEPERAWATAN

 

 

UMUM

 

Memelihara dan meningkatkan pelayanan keperawatan prima dengan sentuhan cinta kasih.

 

 

KHUSUS

 

  1. Terselenggaranya pelayanan keperawatan prima melalui proses keperawatan.
  2. Terlaksanaknya pengembangan SDM Keperawatan melalui pendidikan berkelanjutan bagi tenaga keperawatan, baik formal maupun nonformal sesuai rencana pengembenagan tenaga keperawatan.
  3. Tersedianya fasilitas keperawatan yang dapat meningkatkan mutu pelayanan keperawatan.
  4. Terlaksananya monitoring dan evaluasi asuhan keperawatan.
  5. Perpeliharanya hubungan kerja yang efektif dengan semua anggota tim kesehatan.
  6. Terciptanya iklim yang menunjang proses belajar mengajar dalam kegiatan pendidikan bagi pengembangan tenaga keperawatan.

 

 

 

 

 

DITETAPKAN    :     ………………………..

PADA TANGGAL    : …………………………

RS …………………………….

 

 

 

 

 

…………………………….

Direktur

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Lampiran Sk Direktur Nomor: ……………………………………………………

 

TUJUAN

UNIT ……………………………

 

 

UMUM

 

Memelihara dan meningkatkan pelayanan keperawatan prima dengan sentuhan cinta kasih di unit …………………………….

 

 

KHUSUS

 

  1. Terselenggaranya asuhan keperawatan prima melalui proses keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien mencapai: 90 %.

 

  1. Terselenggaranya asuhan keperawatan sesuai Standar Asuhan Keperawatan.

 

  1. Tercapainya pemerataan cakupan peserta pelatihan masing-masing perawat minimal 20 jam per tahun.

 

  1. Terpeliharanya fasilitas keperawatan di unit Santo Lukas.

 

  1. Adanya lulusan SI Keperawatan minimal 1 orang.

 

  1. Terselenggaranya pelatihan operasional alat khusus.

 

  1. Menurunnya angka kejadian infeksi jarum infuse.

 

  1. Tercapainya kerjasama antar unit kerja di rumah sakit.

 

  1. Terciptanya iklim yang menunjang proses belajar mengajar dalam kegiatan pendidikan bagi pengembangan tenaga keperawatan.

 

 

DITETAPKAN    :     ……………………….

PADA TANGGAL    : ………………………..

RS …………………………….

 

 

 

 

 

…………………………….

Direktur

 

Lampiran Sk Direktur Nomor: ……………………………………………….

 

TUJUAN

UNIT GAWAT DARURAT

 

TUJUAN UMUM

 

Memelihara dan meningkatkan pelayanan keperawatan prima dengan sentuhan cinta kasih di Unit Gawat Darurat.

 

 

TUJUAN KHUSUS

  1. Terselenggaranya asuhan keperawatan prima melalui proses keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien mencapai: 90 %.

     

  2. Tersusun dan tersosialisasinya Standar Asuhan Keperawatan di Unit Gawat Darurat.

     

  3. Terselenggaranya asuhan keperawatan sesuai Standar Asuhan Keperawatan.

     

  4. Tercapainya pemerataan cakupan peserta pelatihan minimal 20 jam dalam satu tahun untuk masing-masing perawat.

     

  5. Terpeliharanya fasilitas keperawatan di Unit Gawat Darurat.

     

  6. Tercapainya peningkatanan jenjang perawat lulusan DIII Keperawatan menjadi lulusan SI Keperawatan sebanyak 1 orang.

     

  7. Terselenggaranya pelatihan operasional alat khusus.

 

  1. Terselenggaranya pelatihan review BLS tiap 6 bulan sekali untuk semua perawat Unit Gawat darurat.

     

  2. Tercapainya kerjasama antar unit kerja di rumah sakit.

     

  3. Terciptanya iklim yang menunjang proses belajar mengajar dalam kegiatan pendidikan bagi pengembangan tenaga keperawatan.

 

DITETAPKAN    :     …………………………..

PADA TANGGAL    : …………………………….

RS …………………………….

 

 

 

…………………………….

Direktur

Lampiran Sk Direktur Nomor: ………………………………………………

 

TUJUAN

UNIT PELAYANAN INTENSIF

 

TUJUAN UMUM

 

Memelihara dan meningkatkan pelayanan keperawatan prima dengan sentuhan cinta kasih di Unit Pelayanan Intensif.

 

TUJUAN KHUSUS

  1. Terselenggaranya asuhan keperawatan prima melalui proses keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien mencapai: 90 %.

     

  2. Tersusun dan tersosialisasinya Standar Asuhan Keperawatan di Unit Pelayanan Intensif.

     

  3. Terselenggaranya asuhan keperawatan sesuai Standar Asuhan Keperawatan.

     

  4. Tercapainya pemerataan cakupan peserta pelatihan minimal 20 jam dalam satu tahun untuk masing-masing perawat.

     

  5. Terpeliharanya fasilitas keperawatan di Instalasi Pelayanan Intensif.

     

  6. Tercapainya peningkatanan jenjang perawat lulusan DIII Keperawatan menjadi lulusan SI Keperawatan minimal 1 orang.

     

  7. Terselenggaranya pelatihan operasional alat khusus.

 

  1. Tercapainya jumlah perawat terlatih di Unit Pelayanan Intensif sebanyak 10 orang (80 %).

 

  1. Menurunnya angka kejadian infuse blong.

     

  2. Tercapainya kerjasama antar unit kerja di rumah sakit.

     

  3. Terciptanya iklim yang menunjang proses belajar mengajar dalam kegiatan pendidikan bagi pengembangan tenaga keperawatan.

 

DITETAPKAN    :    …………………………….

PADA TANGGAL    : ……………………………

RS …………………………….

 

 

…………………………….

Direktur

KEGIATAN

BIDANG KEPERAWATAN

 

Tujuan 1

 

  1. Angket kepuasan pasien.
  2. Peatihan pelayanan prima
  3. Revisi SAK
  4. Sosialisasi SAK
  5. Evaluasi Prosedur
  6. Revisi Prosedur
  7. Pengendalian Infeksi Rumah Sakit.
  8. Keselamatan PAsien
  9. Pembahasan Kasus.

 

 

Tujuan 2

 

  1. Pendidikan formal keperawatan
    1. Meningkatkan perawat lulusan DIII ke SI Keperawatan.
    2. Meningkatkan perawat lulusan SPK ke DIII Keperawatan
    3. Meningkatkan bidan lulusan P2B ke DIII Kebidanan.
  2. Pendidikan non formal keperawatan
    1. Pelatihan hemodialisa
    2. Pelatihan ICU
    3. Pelatihan PPGD
    4. Pelatihan Kamar Operasi
  3. Pelatihan untuk peningkatkan kemempuan perawat di unit perawatan umum:
    1. Pelatihan EKG
    2. Pelatihan Pembimbing klinik.
  4. Pelatihan untuk persyararatan managerial suatu suatu jabatan:
    1. Pelatihan Managemen Kepala Bidang Keperawatan (review)
    2. Pelatihan Managemen Kepala Bangsal Keperawatan (review)

 

 

Tujuan 3

 

  1. Menyusun standar peralatan.
  2. Pelatihan kebutuhabn alat
  3. Kegiatan pemeliharaan dan kaliberasi alat.
  4. Pelatihan operasional alat khusus
  5. Inventarisasi fasilitas yang ada.

 

 

 

 

Tujuan 4

 

  1. Monitoring dan evaluasi penerapan SAK melalui instrument ABC (audit keperawatan).
  2. Pembahasan kasus
  3. Monitoring dan evaluasi masukan kotak saran dan angket kepuasan pasien.
  4. Monitoring dan evaluasi pelayanan
  5. Monitoring dan evaluasi medis
  6. Monitoring dan evaluasi keselamatan pasien
Posted in Keperawatan
2 comments on “Contoh : FALSAFAH, VISI, MISI DAN TUJUAN PELAYANAN KEPERAWATAN
  1. rosmiati says:

    Bagaimana dengan realisasi monitoring dan evaluasi di kalangan management keperawatan? setiap berapa lama ? terima kasih.

    • admin says:

      realisasi monitoring dan evaluasi ; tergantung dengan kebutuhan; siklus suatu kegiatan biasanya adalah ….. evaluasi (rapat) —> hasil evaluasi —> laporan ke direktur —> tindak lanjut direkut —> bila tindak lanjut diperlukan kegiataan baru/ulang —> rapat pembuatan proporsal / program —-> TOR = Term Of Referensi ( kegiatan ) —–> evaluasi termin kegiatan —-> diakhir evaluasi program —-> ….. dst . Tidak akan ada habisnya.
      Untuk jadwal biasa bulanan atau triwulan. di assesment biasaya menyebutkan triwulan.

      salam admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Buku Kedokteran Murah !

Konfirmasikan Donasi Anda : SMS 085258700022 - 03427712051 atau email : Jokoblitar[at]gmail.com, Kami Berikan Hak Akses Data kami di drve.google.com untuk Anda !

Enter your email address:

Delivered by FeedBurner

akreditasi-rumah-sakit Groups

Google Groups
akreditasi rumah sakit
Visit this group

Alexa